Implementasi Program Tabungan Sampah

Salah satu upaya mengurangi volume timbulan sampah dengan menjadikan masyarakat sebagai pelaku utama program 3 R ( Reuse, Reduse dan Rececly ), dengan kegiatan utama melakukan pemilahan sampah disumber timbulan sampah ( Rumah Tangga ).

Program tabungan sampah dirancang untuk mengurangi volume sampah melalui pengumpulan sampah yang bernilai ekonomis langsung dan yang tidak langsung oleh Kader Lingkungan Yayasan Sumber Ilmu. Target program tabungan sampah adalah adanya 10 000 KK ( Kepala Keluarga ) di Desa Cihanjuang Kec.Cimanggung Kab. Sumedang melakukan pemilihan sampah di rumahnya masing – masing, dengan jumlah volume sampah yang dikurangi sebanyak 50 hingga 80 % dari total volume sampah yang dihasilkan oleh peserta tabungan sampah. diharapkan pada akhir tahun 2010 target tersebut dapat tercapai. Untuk itu Yayasan Sumber Ilmu selaku inisiator program tabungan sampah melakukan kerjasama dengan Pondok Pesantren Al-Falah Riyadusholihin dan Tim Penggerak PKK Desa Cihanjuang.

Dalam upaya merealisasikan program tabungan sampah pada bulan Febuari 2010 Yayasan Sumber Ilmu melakukan sosialisasi program melalui pengajian rutin ibu – ibu di pondok pesantren Al – Falah Riyadusholihin setiap hari Selasa. Alhamdulillah program tersebut mendapat sambutan yang positif dari ibu – ibu pengajian, saat ini ibu – ibu pengajian setiap hari selasa mengumpulkan sampah sebelum mengikuti kegiatan pengajian. Berikut ini adalah daftar ibu – ibu pengajian yang telah melakukan pengumpulan sampah :
1. Ibu Hj. Halimah
2. Ibu Cucu
3. Ibu Ae
4. Ibu Tikah
5. Ibu Uu
6. Ibu Ijah
7. Ibu Teni
8. Mamah Asep
9. Ibu Oom
10. Ibu Anah Yohanah
11. Ibu Een
12. Ibu Jumasih
13. Ibu Selfi
14. Ibu Sri Mulyani
15. Ibu Lina
16. Ibu Leni Marlina
17. Ibu Ayu Tri
18. Ibu Momah
19. Ibu Leni
20. Ibu Mulyani
21. Ibu Enih
22. Ibu Ika

Melalui kegiatan pendampingan diharapkan ibu – ibu pelopor peduli lingkungan ini dapat mengajak teman/tetangga terdekatnya minimal 10 orang, sehingga pada tanggal 5 Juni 2010 diharapkan jumlah peserta tabungan sampah mencapai 200 orang, selanjutnya mereka akan diundang menghadiri acara peringatan hari lingkungan hidup sekaligus launching program tabungan sampah Insya Allah dihadiri oleh Bpk. Bupati Sumedang dan Dinas Instansi terkait serta stakehoolder lainnya.

Untuk menarik minat ibu – ibu warga Desa Cihanjuang menjadi peserta tabungan sampah, Yayasan Sumber Ilmu menyediakan hadiah menarik yang akan dibagikan pada 3 hari sebelum hari raya Idul Fitri 1431 H disamping mengkonversi nilai rupiah dari sampah yang dikumpulkan  langsung dibukukan dalam buku tabungan sampah.

Dokumentasi kegiatan tabungan sampah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: