Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah

Produksi sampah yang terus menerus meningkat seiring dengan meningkatnya pertumbuhan populasi penduduk mengakibatkan permasalahan serius di masa mendatang. kebutuhan akan lahan pembuangan sampah yang semakin tinggi, masalah pencemaran, masalah kesehatan serta tingginya biaya lingkungan di masa yang akan datang perlu diantisipasi sejak saat ini. Peningkatan volume sampah perlu dicegah dengan cara menekan laju produksi sampah melalui mengurangi, memanfatkan kembali dan mendaur ulang sampah mulai dari sumber timbulan sampah.

Upaya menekan laju produksi sampah tidak dapat terjadi jika tidak ada perubahan pola konsumtif masyarakat yang saat ini masih tinggi. Disamping itu, rendahnya kesadaran masyarakat berprilaku ramah lingkungan menjadi faktor utama terjadinya pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh timbulan sampah.  Penggunaan plastik kemasan yang terus meningkat jumlahnya menjadi ancaman serius bagi  lingkungan hidup karena plastik tersebut sukar untuk diuraikan oleh proses alam.

80 % jenis sampah berpotensi untuk dimanfaatkan sehingga sampah tersebut tidak lagi dianggap sebagai barang buangan yang harus diangkut ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).  Memilah dan mendaur – ulang sampah merupakan gagasan perilaku baru yang tidak mudah diaplikasikan  oleh masyarakat. Hal ini disebabkan bukan saja karena belum memadainya fasilitas yang menunjang perilaku baru tersebut, tetapi juga karena masih relatif rendahnya tingkat pengetahuan dan sikap masyarakat dalam hal pemilahan dan mendaur ulang sampah.

Upaya untuk melakukan perubahan tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku bagi masyarakat YAYASAN SUMBER ILMU telah melakukanbeberapa inovasi pendekatan kepada masyarakat melalui dunia pendidikan mulai dari guru/pendidik hingga murid baik lembaga pendidikan formal maupun pendidikan non formal(pontren) selain itu juga, Yayasan Ilmu melakukan pendekatan perubahan langsung di Masyarakat melalui Program Tabungan Sampah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: